Home Politik Warga Berusia 17 Tahun di Hari Pencoblosan Bisa Memilih, Ini Syaratnya

Warga Berusia 17 Tahun di Hari Pencoblosan Bisa Memilih, Ini Syaratnya

SHARE

isiantar.com – Hari pemungutan suara Pemilu 2019 terhitung kurang dari sebulan lagi. Dan untuk memastikan setiap warga mendapat hak konstitusionalnya, KPU Kota Siantar akan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam hal perekaman e-KTP, agar warga yang baru berusia 17 tahun pada tanggal 17 April nanti bisa menggunakan hak pilihnya.

“Untuk pemilih pemula sebenarnya sudah dirangkum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). Jadi bagi warga Siantar nantinya berusia 17 tahun pada 17 April sudah terdaftar,” kata Jafar Siddik Saragih, Komisioner KPUD Siantar Divisi Data, Selasa (19/3/2019).

Hanya saja, lanjut Jafar, untuk warga yang mungkin luput dari pendataan dipersilahkan untuk datang ke TPS dengan membawa e-KTP dan surat keterangan dari Disdukcapil.

“Makanya nanti Disdukcapil kantornya harus buka pada 17 April nantinya, sehingga warga bisa lakukan perekaman. Hanya saja kita melihat warga yang berusia 17 tahun sebelum 17 April jumlahnya tidak terlalu signifikan,” jelasnya.

Guna melancarkan proses  perekaman itu, Jafar menghimbau warga supaya sejak kini aktif berkoordinasi dengan Disdukcapil.

“Jangan nanti datang ke kantor itu (Disdukcapil) berbondong-bondong, jadi dapat terlayani dengan baik. Disini kita harapkan peran aktif dari masyarakat, untuk berkordinasi dengan Disdukcapil terkait pemilih pemula,” ungkapnya mengakhiri. [nda]