Home Fokus Wajah Baru Taman Bunga Siantar Dipuji Pengunjung

Wajah Baru Taman Bunga Siantar Dipuji Pengunjung

SHARE
Ramai dan santainya suasana senja di salah satu sisi Taman Bunga setelah direnovasi.

isiantar.com – Penataan kawasan Taman Bunga yang tengah dilakukan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) mendapat pujian dari para pengunjung yang mendatangi taman di pusat Kota Siantar itu. Meskipun belum benar-benar rampung, pengunjung mengaku sudah sangat menikmati atmosfir yang berbeda, juga fasilitas yang kini tersedia oleh penataan itu.

“Dulu waktu di awal bangku-bangu ini dipasang, asal aku lewat, aku udah pengen kali duduk di sini, tapi masih segan, takutnya belum dibolehi. Tapi sekarang, udah beberapa hari ini lah, tiap pulang kuliah pasti nongkrong dulu di sini. (sekarang) Jadi enak tempatnya, keren,” ujar Meta, (20), seorang mahasiswi perguruan tinggi swasta yang ditemui saat sedang duduk bersama seorang temannya di salah satu deretan bangku yang kini dipajang rapi di sepanjang trotoar Taman Bunga, di Senin sore (18/12/2017).

Amatan di lokasi, salah satu wujud perubahan tampilan yang drastis atas Taman Bunga (nama aslinya adalah Lapangan Merdeka) adalah tidak adanya lagi jeruji besi yang selama ini memagari taman tersebut.

Lokasi bermain anak yang kini ramai tiap sore hari.

Tidak adanya lagi pagar dirasa memberi dampak sangat besar pada atmosfir taman tersebut, yang seolah memberi aura bersahaja yang membuat taman itu menjadi tampak menarik untuk disinggahi. Hal itu sebagaimana dikatakan seorang warga bernama Jhon Siahaan, (38), yang mengaku setelah direnovasi, pernah dalam satu hari tiga kali singgah ke Taman Bunga.

“Dulu, udah lama aku gak mau ke sini, Bang, malas. Kesannya gak enak, gitu masuk dipagari, udah itu banyak kali (pedagang) yang nanyain awak ‘mau makan apa, mau makan apa?’. Tapi sekarang sudah gini (direnovasi), seminggu yang lalu pernah satu hari aku tiga kali ke sini. Siangnya pas istirahat kerja, sore sama istri bawa anak main ayunan, malamnya diajak istri lagi nongkrong bentar di sini,” ungkapnya.

Arena tempat bermain Skateboard bagi kaum muda.

Menurut Jhon yang berprofesi sebagai karyawan di salah satu perusahaan swasta di kota ini, bentuk renovasi yang dilakukan atas Taman Bunga harus diapresiasi. Meski belum rampung, tetapi adanya niat Dinas PRKP untuk mengakomodir sejumlah aspek yang menjadi kebutuhan mendasar warga atas sebuah taman kota, sudah sangat terasa.

“Ini sudah buah pemikiran yang melangkah jauh, dulunya kita gak nyangka kalau pemko punya pemikiran mendesain seperti ini. Syukurlah. Yang (harapan) selanjutnya ya tinggal agar menjamin kebersihan dan kenyamanannya aja,” ujarnya.

 

Kadis PRKP: Taman Bunga sebagai Panggung Toleransi

Spot lampu hias bertuliskan Lapangan Merdeka yang sering dijadikan tempat ber-selfie di malam hari.

Kadis PRKP, Reinward Simanjuntak, yang disodori isiantar.com tentang puja-puji dari warga itu hanya merespon dengan santai.

Saat itu, Selasa sore (19/12/2017), Reinward yang ditemui saat sedang memantau proses pengerjaan renovasi yang masih tengah berlangsung di Taman Bunga, persisnya di lokasi dekat tempat refleksi injak batu, hanya memberi jawaban singkat atas pertanyaan mengenai apa tema desain renovasi yang dilakukannya atas Taman Bunga.

“Sebenarnya gini, selama ini kan banyak orang tahu kalau Siantar itu kota toleransi, kota yang paling toleran. Tapi orang-orang luar yang datang ke sini tidak pernah bisa melihat langsung bagaimana sebenarnya orang Siantar itu berinteraksi. Nah, jadi disinilah nanti nampak interaksi sosial orang Siantar itu, inilah nanti panggung toleransi itu. Udah itu aja. Gak usah banyak-banyak,” jawabnya diikuti tawa ringan. [nda/win]