Home Hukum Tanggapan Cerdas Bocah 8 Tahun Berhasil Membuat Kasus Ibunya Dihentikan

Tanggapan Cerdas Bocah 8 Tahun Berhasil Membuat Kasus Ibunya Dihentikan

SHARE
Alexa, 8 tahun, sedang membantu hakim di persidangan ibunya. (sumber: youtube)

isiantar.com – Sebuah persidangan di Providence, Rhode Island, salah satu negara bagian Amerika Serikat, baru-baru ini menjadi viral. Dengan gaya bergurau sang hakim meminta tanggapan dari putri terdakwa yang masih berusia 8 tahun. Tak disangka, tanggapan bocah itu dinilai sangat masuk akal seolah sebuah pembelaan dari seorang pengacara profesional. Si ibu pun dibebaskan.

Hakim tersebut ialah Frank Caprio. Sekilas dari wajahnya, hakim ini terkesan pribadi yang sangat serius, pemarah dan tak kenal ampun. Namun jika dia sudah mulai berbicara memulai persidangan, terasa jelas jika ia sangat dewasa dan memiliki jiwa yang besar.

Frank Caprio memang sudah terkenal di Rhode Island. Dalam memimpin persidangan, secara spontan ia mau meminta tanggapan dari orang-orang yang dianggapnya perlu. Ia akan mendengarkan dengan seksama semua penilaian itu, sekalipun dari anak-anak kecil. Ia juga suka menanyakan hal-hal yang pada umumnya dianggap hal remeh-temeh atau bahkan tidak perlu. Namun Frank Caprio melakukannya seolah ingin menyelami secara mendalam setiap kasus yang disidangkannya termasuk ke kedalaman psikologi terdakwa.

Itulah yang terjadi saat terdakwa penerobos lampu merah, Samantha, datang sebagai pesakitan dengan membawa putrinya Alexa yang masih berusia 8 tahun.

Saat hakim Caprio melihat Alexa anak perempuan Samantha, dia bertanya apakah Alexa ingin membantu kasus tersebut dari bangku cadangan. Tentu, kata Alexa, dia menerimanya.

Hakim Caprio segera menanyai Alexa. Menanyakan semuanya. Soal dari titik mana dia berangkat ke sekolah, apakah sudah sarapan, apa hewan kesayangannya, dan apa cita-citanya bila sudah dewasa.

Mendengar jawaban-jawaban Alexa, termasuk alasan dari cita-citanya menjadi dokter hewan, Caprio tampak terkesima. “Dia (Alexa) sangat berharga,” ujar Caprio. Semua orang di pengadilan setuju, dan juga tertawa terhibur menyaksikan perbincangan kedua orang itu.

Akhirnya, tiba saatnya untuk meninjau kembali bukti pelanggaran yang dilakukan ibunya. Hakim Caprio memutar video lalu lintas dimana Samantha menerobos lampu merah, dan ia meminta Alexa untuk menyaksikannya bersamanya dari balik meja hakim.

Setelah persidangan selesai memutar video itu Caprio bertanya pada Alexa apakah dia harus memberhentikan kasus itu. Alexa menjawab “ya”.

Caprio dan orang-orang yang menyaksikan itu tersenyum menganggap itu hanya sekadar permintaan polos dari seorang anak kecil yang tidak ingin ibunya dihukum. Namun setelah mendengar pembelaan Alexa, semua orang terkesima. “Karena ibu sudah ketakutan oleh pria disana…,” kata Alexa hati-hati sambil menunjuk seorang laki-laki yang terlihat samar di dalam video itu sedang berdiri di pinggir jalan dekat tiang lampu merah.

Hakim Caprio seolah kebingungan. “Apakah Anda menyuruhnya mengatakan itu?” Ia bertanya pada Samantha, “dia cerdas,” lanjutnya.

Samantha menjawab “tidak”. Hakim Caprio melanjutkan dengan mengatakan bahwa Alexa telah membuat pembelaan yang sangat bisa diterima, pembelaan yang mengagumkan. Dan hasilnya Samantha dibebaskan dari tuntutan.

Tonton videonya di bawah ini dimana hakim Caprio akhirnya menghentikan kasus ini. Dan jangan lupa membagikannya. Alexa mungkin akan menjadi hakim suatu hari nanti.

(Sumber: Youtube)

[feb]