Home Peristiwa Soal Utang PD PAUS, Anggiat Sinurat Minta Walikota Lakukan Ini

Soal Utang PD PAUS, Anggiat Sinurat Minta Walikota Lakukan Ini

SHARE
Anggiat Sinurat (kanan) mengenakan kemeja biru, di sampingnya dr Sarmedi Purba (tengah), dan Pdt Saut Sirait (kiri), dalam sebuah acara dialog publik di Hotel Sapadia, Sabtu (23/3/2019). (isiantar/nda).

isiantar.com – Menyusul utang PD PAUS yang telah mencapai Rp 14 miliar, belum lagi kemungkinan akan adanya gugatan wanprestasi dari pihak rekanan terkait gagalnya pembangunan SOHO di Jalan Melanthon Siregar, walikota dan DPRD Siantar diminta secepatnya melakukan evaluasi.

“Kalau sudah sekarang pun sudah berutang 14 miliar, ditambah bunga cicilan dan sebagainya, tinggal menumpuk masalah makin besar nanti masalah ini, repot ya kan,” kata Anggiat Sinurat, saat diwawancarai di Hotel Sapadia, Sabtu (23/2/2019).

Anggiat Sinurat merupakan salah seorang inisiator sekaligus pembuat naskah akademik pembentukan PD PAUS di tahun 2014 lalu.

Menurut Anggiat, pemberian penyertaan modal dari APBD untuk perusahaan yang baru dibuka adalah hal wajar. Sebagaimana PD PAUS mendapat penyertaan modal sejak tahun 2014 lalu. Tetapi melihat rasio modal yang sudah diberikan dengan jumlah utang yang sudah dihasilkan PD PAUS, walikota bahkan perlu mempertimbangkan pembubaran perusahaan ini.

“Jadi lebih baik sekarang apa itu masalah selesaikan, sebab kita tidak boleh lari dari masalah, yang benar adalah menjawab masalah itu. Kalau sudah tahu kita itu masalahnya, sebab utang itu pasti dibebani cicilan dan bunga kan, selesaikan (tuntaskan persoalan utangnya, red) langsung. Supaya dipastikan itu diteruskan atau bagaimana.

Kan adanya sebenarnya kalau memang dipandang itu tidak layak lagi berjalan terus, bisa dilikuidasi kek atau digabung nanti PD PAUS dan PD Pasar, nah itu supaya efisien,” katanya mengakhiri. [nda]


Baca juga:

Pemko Dinilai Berkontribusi atas Pengrusakan DAS Bah Kaitan

Bupati Simalungun Diminta Tinjau Jalan Rusak di Rambung Merah