Home Seni & Wisata Siantar Gelar Fashion Show untuk Lestarikan Ulos

Siantar Gelar Fashion Show untuk Lestarikan Ulos

SHARE
Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah, menyapa peserta lomba fashion show yang digelar dalam rangka Peringatan Hari Ulos, di Hotel Sapadia, Selasa (27/11/2018).

isiantar.com – Sebanyak 94 orang peserta lomba fashion show bertema Ulos memenuhi Aula Hotel Sapadia, Pematangsiantar, Sumut, Selasa (27/11/2018).

Lomba ini digelar pemko setempat untuk memperingati Hari Ulos Nasional yang telah diperingati setiap tahun semenjak wastra (kain tradisional) ini masuk sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional pada 17 Oktober 2014 lalu.

“Ulos bagi masyarakat Batak pada awalnya dimaknai sebagai perlambang setiap pemberian Hula-hula kepada pihak Boru. Ulos adalah sebagai kain tenun yang diwariskan leluhur kepada kita. Ulos selalu setia mengiringi perjalanan kultural Batak, baik pada upacara pernikahan, kelahiran, duka maupun suka.” Demikian disampaikan Hefriansyah, Walikota Pematangsiantar, saat membuka perlombaan tersebut.

Peringatan Hari Ulos yang dikemas dengan perlombaan fashion show ini diselenggarakan sebagai upaya menjaga dan melestarikan, dan sekaligus untuk memberdayakan para pengrajin Ulos yang ada di Pematangsiantar.

“Dengan diselenggarkannya lomba fashion show ini diharapkan masyarakat Kota Pematangsiantar dapat melestarikan ulos, terutama kepada anak-anak kami sebagai generasi penerus agar lebih dini mengenal budaya Ulos, dan kepada para perajin Ulos yang saat ini ikut serta dalam pameran hari ini, kami mengharapkan agar tetap berkarya dan memproduksi ulos yang lebih berkualitas,” tambah Hefriansyah.

(Baca juga: Meski Sudah Dikunjungi Jokowi, Parapat Masih Kalah sama PAS Timuran

Sebelumnya, dalam laporan ketua panitia penyelenggara kegiatan yakni Plt. Kepala Dinas Koperasi, UKM Dan Perdagangan, Jadimpan Pasaribu, lewat lomba fashion show yang dirangkai dengan kegiatan pameran Ulos ini juga diharapkan memotivasi para perajin agar tetap berkarya dan memproduksi ulos yang lebih berkualitas sehingga kota ini mempunyai produk unggulan.

Adapun peserta yang mengikuti perlombaan ini berjumlah 94 orang yang terdiri dari 3 kategori. Kategori anak-anak (TK) sebanyak 34 orang, kategori anak-anak (SD) sebanyak 38 orang, dan kategori dewasa atau remaja sebanyak 22 orang.

Peringatan Hari Ulos Kota Pematangsiantar ini dihadiri Ketua DPRD, Perwakilan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Pematangsiantar, Ketua TP.PKK sekaligus Ketua Dekranasda Ny.Syahputri Hefriansyah Br Hutabarat, Ketua Dahrma Wanita Persatuan Ny. Yustina Riski Budi Utari br Hasibuan, perwakilan Partuha Maujana Kota Pematangsiantar Rohdian Purba, dan para orang-tua peserta lomba. [nda]