Home Peristiwa Show di Medan, Najwa Shihab Lontarkan Pertanyaan Menohok pada Tengku Erry

Show di Medan, Najwa Shihab Lontarkan Pertanyaan Menohok pada Tengku Erry

SHARE
Tengku Erry sedang menjawab pertanyaan Najwa Shihab

isiantar.com – Acara Talk Show yang paling digemari masyarakat intelektual di Indonesia, Mata Najwa, Jumat 17 Maret kemarin tampil di kota Medan. Sebagaimana biasa Najwa Shihab selaku pembawa acara selalu mampu memilih pertanyaan penting yang disampaikannya dengan datar dan spontan. Kali ini, yang menjadi sasaran dari pertanyaan-pertanyaannya yang tajam itu ialah Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi.

Salah satu diantara pertanyaan terbuka yang disampaikan dihadapan 13.500 orang lebih penonton yang datang ke Gedung Serba Guna Pemprovsu Jalan Pancing  adalah, tentang posisi Sumut yang tercatat sebagai provinsi nomor dua terkorup di Indonesia.

“Selaku Gubernur Sumatera Utara bagaimana Bapak menyikapi, menurut survei Sumut ini terkorup nomor dua setelah Jawa Timur, apa langkah Anda?” Tanya Najwa kepada Tengku Erry.

Tengku Erry menjawab pertanyaan ini dengan konsep yang menitikberatkan pada Komitmen dan Sistem.

“Saya mempunyai dua cara yang mudah-mudahan atas arahan KPK dan seluruh jajaran pemerintahan Jokowi yang sekarang. Yang pertama komitmen dan sistem. Komitmen dan sistem ini yang harus diperbaharui dengan sistem berbasis elektronik dan transparan (agar) masyarakat bisa mengakses secara langsung.

Wajar masyarakat Sumut kecewa karena dua gubernur sebelumnya dan anggota dewan dan beberapa pejabat di daerah ini tersangkut korupsi. Ini salah satu tugas, tanggung jawab, dan komitmen saya untuk menghilangkan rasa kecewa masyarakat Sumut. Dan atas arahan KPK untuk membuat studi banding ke Walikota Surabaya Ibu Risma yang sukses melakukan dan menutup lubang-lubang pundi korupsi. Dan perlahan, Sumut sudah hampir menuju perbaikan sistem dan komitmen tadi,” ujar Tengku Erry.

Lebih dalam menguak realita korupsi di daerah ini, Najwa kemudian juga menyinggung soal kasus dugaan suap yang mendera sejumlah mantan anggota DPRD Sumut yang salah seorang diantaranya ialah Evi Diana Sitorus yang nota bene merupakan istri Tengku Erry.

Untuk pertanyaan ini Tengku Erry menjawab ia menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut ke proses hukum. Dan ia menimpalinya dengan meyakinkan bahwa pekerjaannya sebagai pemimpin rakyat Sumatera Utara, tidak terganggu karena persoalan tersebut.

Salah seorang narasumber lain yang ikut dalam acara ini, pengamat hukum UGM Zainal Arifin Mochtar, juga sempat memberikan pertanyaan kepada Tengku Erry.

Pertanyaan itu seputar sebuah lakon yang sempat marak di media yakni tentang Tengku Erry yang pernah naik helikopter ke Pulau Samosir hanya untuk sekedar memenuhi undangan pernikahan.

Pertanyaan dari akademisi yang pada tahun 2014 lalu menjadi moderator debat capres ini, direspon Tengku Erry dengan klarifikasi. Tengku Erry menjelaskan, keberangkatannya dengan helikopter ke Samosir pada saat itu bukanlah sekadar hanya untuk memenuhi undangan pernikahan, namun juga bersamaan dengan kegiatan peninjauan korban kebakaran rumah adat di lokasi wisata samosir dengan turut membawa bantuan untuk diserahkan kepada korban.

“Tapi itulah manusia dengan awak media yang berlebihan. Seribu kita buat kebaikan, kalau satu yang negatif pasti yg ditonjolkan yang negatif tersebut. Namun saya percaya masyarakat khususnya di sumatera ini, tau mana yang baik tersebut,” imbuhnya.

Sebagaimana dalam promosi acaranya, talk show Mata Najwa dengan tema “Kita Anti Korupsi” di Kota Medan ini juga menghadirkan narasumber lain yaitu Menkumham Yasona Hamonangan Laoly, Wakil Ketua Komisi III Trimedya Panjaitan, dan Komisioner KPK Thony Saut Situmorang.

Kesuksesan acara Mata Najwa di kota Medan yang dipandu perempuan cantik dan cerdas kelahiran 16 September 1977 kali ini juga ditandai dengan masuknya moment tersebut ke dalam catatan rekor MURI, lewat kategori jumlah penonton terbanyak. [fny]