Home Fokus Pipa Sering Pecah dan Bocor, Ada Apa dengan Divisi Teknis PDAM Tirtauli?

Pipa Sering Pecah dan Bocor, Ada Apa dengan Divisi Teknis PDAM Tirtauli?

SHARE
Walikota Hefriansyah (kiri) saat bersalaman dengan Dirtek PDAM Tirtauli Paruhum Siregar (kanan), usai upacara pelantikan jajaran direksi PDAM Tirtauli, Rabu (18/7/2018). (Foto/sbnpro.com).

isiantar.com – Beberapa bulan terakhir keluhan masyarakat Siantar dan sekitarnya atas pelayanan PDAM Tirtauli terus menggema. Air yang sering mati menjadi keluhan yang frekuensinya kian meninggi. Masyarakat resah karena air bersih merupakan salah satu kebutuhan mendasar manusia.

Terkait hal ini, penelusuran isiantar.com menemukan indikasi adanya persoalan yang serius pada divisi teknis PDAM Tirtauli. Bagaimana tidak, hanya dalam rentang lima bulan terakhir tercatat setidaknya terjadi 19 masalah di infrastruktur pendistribusian air yang menjadi domain divisi ini.

Masalah pada infrastruktur dimaksud berupa kebocoran, pecahnya, atau patahnya pipa distribusi yang terjadi di sejumlah titik.  Termasuk kerusakan sumur pompa di Bah Tongguran yang mengakibatkan pelanggan di sekitar daerah Parluasan didera krisis air bersih sejak akhir Desember 2018 lalu.

Baca juga: Soal City Hotel & Resto, Pemko Diminta Beri Penjelasan Publik

Sementara pada sisi lain, informasi dihimpun justru menyebut bahwa di tahun 2018 lalu PDAM Tirtauli menerima kucuran bantuan berkisar Rp. 26 miliar yang diperuntukkan untuk perbaikan jaringan distribusi air dengan harapan pelayanan air bersih ke masyarakat seharusnya bisa menjadi lebih baik.

Upaya konfirmasi langsung kepada Paruhum Siregar selaku Direktur Teknis (Dirtek) PDAM Tirtauli terkait banyaknya kerusakan-kerusakan pipa dan kebenaran serta pengelolaan dana bantuan itu tidak berjalan mulus, “Langsung aja konfirmasi sama Kabag Humas/Pak Iwan (Ikhwan) Lubis ya bang,” balas Paruhum yang sudah menjabat Dirtek sejak masa Dirut Badri Kalimantan ini, saat dimintai penjelasannya, Senin (28/1/2019). [nda]


Baca juga: Ada Wajah Lama di Jajaran Direksi PDAM Tirtauli yang Baru