Home Komunitas Parlaungan Purba Pimpin Tarung Derajat Kota Siantar

Parlaungan Purba Pimpin Tarung Derajat Kota Siantar

SHARE
Parlaungan Purba.
Siantar — Parlaungan Purba SPd, MSi, terpilih secara aklamasi menjadi ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Tarung Derajat Kota Pematangsiantar melalui Musyawarah Cabang (Muscab) yang digelar 30-31 Agustus 2019, di Gedung Pemuda, Jalan Merdeka.
Tarung Derajat merupakan jenis seni beladiri yang berasal dari Indonesia. Nama Tarung Derajat diambil dari nama penciptanya yakni Achmad Dradjat, yang mengembangkan seni beladiri ini lewat pengalaman bertarung di jalanan di sekitaran kota Bandung pada tahun 60-an lalu.
Kini, seni beladiri ini telah resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan beladiri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri.
Muscab yang digelar selama dua hari itu turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kusdianto, Ketua KONI Jayadi Sagala, dan Pengurus Daerah Tarung Derajat Sumatera utara.
Kusdianto dalam sambutannya, sangat mengapresiasi Tarung Derajat. Selain berprestasi seni beladiri ini juga dinilai mampu menghindarkan kaum muda dan masyarakat dari hal-hal negatif seperti narkoba.
“Untuk itu pemerintah meminta Tarung Derajat tetap eksis dan tetap memberi kontribusi nyata untuk masyarakat kota Pematangsiantar,” ungkapnya.
Hal senada juga disampaikan Ketua KONI Jayadi Sagala. Selain berprestasi, kehadiran Tarung Derajat di Siantar juga mampu menjadikan masyarakat sehat, kuat dan jauh dari perilaku negatif.
“Tarung derajat ini harus didukung dan dikembangkan karena merupakan olahraga beladiri asli Indonesia. Diharapkan pemerintah benar-benar memberikan perhatian serta dukungan penuh dan nyata untuk perkembangan olahraga ini di kota ini,” kata Jayadi.
Terpisah, Parlaungan Purba selaku ketua pengcab Tarung Derajat yang ditemui wartawan, Rabu (4/9/2018), mengatakan, dirinya siap membawa beladiri yang berkarakter keras ini untuk menciptakan pemuda pemudi Kota Siantar yang tangguh, disiplin, dan memiliki kemampuan untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik.
“Tarung Derajat adalah olahraga yang berkarakter keras, kita diajarkan untuk disiplin dalam segala hal. Ke depan kita berharap Tarung Derajat kota Pematangsiantar mampu melahirkan petarung-petarung tangguh dan berprestasi.
Tapi bukan hanya bertarung, tapi Tarung Derajat kota Pematangsiantar juga mampu menjadi motivator untuk pelajar, pemuda dan masyarakat untuk menjadi lebih baik. Karena kondisi Siantar 10 atau 20 tahun kedepan ditentukan oleh pemudanya hari ini. Untuk itu marilah berlomba, marilah bertarung untuk menjadi yang terbaik,” ujarnya. [nda]

Baca juga:
Parlaungan Purba: Jadikan Pancasila Dasar Berpikir dan Bersikap
Bel Ronde 1 Berbunyi, Petinju Ini Malah Kabur dari Ring