Home Seni & Wisata Lewat Latihan Roasting Kopi, Samosir Berupaya Kembangkan Agrowisata

Lewat Latihan Roasting Kopi, Samosir Berupaya Kembangkan Agrowisata

SHARE

isiantar.com — Guna mendongkrak  perkembangan industri wisata, khususnya sektor agrowisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Sumut, mengadakan pelatihan industri kreatif bagi para pelaku industri kopi, Kamis (20/6/2019).

Dalam sambutannya saat pembukaan pelatihan, Staf Ahli Bupati Samosir, Purnamawan Malau, mengingatkan jika Samosir telah dikenal sebagai daerah penghasil kopi Arabica yang telah memperoleh Sertifikat Perlindungan Indikasi Geografis (IG) pada festival indikasi geografis 2018 dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual KEMENKUMHAM yang difasilitasi Deputi Fasilitas Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi BEKRAF-RI.

Dikatakannya, selain bagian dari upaya  berkesinambungan dalam meningkatkan nilai tambah pada sektor bisnis kopi, pelatihan ini juga ditujukan untuk mengangkat dan memajukan potensi wisata dari basis pertanian.

Di pelatihan ini, para peserta dilatih mengolah kopi menjadi komoditas unggulan lewat pengetahuan tentang roasting atau pemanggangan biji kopi mentah, hingga cara penyajian minuman kopi berstandar internasional.

Peserta pelatihan bertema Roasting Kopi Tradisional dengan Menjunjung Nilai Kearifan Lokal ini terdiri dari berbagai profesi. Antara lain petani kopi, pelaku agrowisata kopi dan anggota komunitas Samosir Coffee Synergy. (PR)