Home Politik KPU Siantar Buka Kotak Suara untuk Alat Bukti Gugatan NasDem ke MK

KPU Siantar Buka Kotak Suara untuk Alat Bukti Gugatan NasDem ke MK

SHARE
Ketua NasDem Siantar menyampaikan permohonan pembukaan kotak suara, Rabu (3/7/2019). (isiantar/nda).

isiantar.com — Atas permintaan Partai Nasdem, KPU kota Siantar membuka kotak suara untuk pengambilan dokumentasi untuk alat bukti gugatan di MK, Rabu (3/7/2019).

Kotak suara dimaksud adalah kotak suara TPS 27 Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Utara.

Setelah dibuka, Ketua DPD Nasdem Frans Herbert Siahaan lalu mengambil dokumentasi berupa foto formulir C1, C1 Hologram dan C7.

Selain Frans Herbert Siahaan dan empat komisioner KPU, pembukaan kotak suara yang dilakukan di gudang logistik KPU di Jalan Medan turut disaksikan saksi dari partai Hanura dan kepolisian.

Diwawancarai usai pengambilan dokumentasi, Frans Herbert Siahaan menyatakan mengapresiasi sikap welcome KPU atas terpenuhinya permohonan mereka, juga atas kelancaran proses pengambilan dokumentasi tersebut.

Perebutan Kursi Wakil Ketua dengan Hanura

Diketahui, pembukaan kotak suara ini beranjak dari adanya gugatan NasDem ke MK perihal permohonan pembatalan Keputusan KPU nomor 987/PL.8-Kpt/06/KPU/2019 tentang hasil pemilu.

NasDem mensinyalir terjadi penggelembungan sebanyak 33 suara untuk Partai Hanura di TPS 27 Kelurahan Melayu.

Adapun hasil Pemilu serentak 2019 di Siantar, NasDem dan Hanura sama-sama memperoleh empat kursi DPRD. NasDem memperoleh 15.687 suara, sementara Hanura 15.703 suara.

Selisih perolehan suara antara kedua partai ini dengan jumlah suara yang disinyalir NasDem digelembungkan, sangat menentukan untuk siapa kelak dari kedua partai ini yang akan memperoleh jatah kursi wakil ketua DPRD. [nda]