Home Seni & Wisata Kini Hadir Taman Beo di Siantar

Kini Hadir Taman Beo di Siantar

SHARE
Taman Beo difoto dari ketinggian.

isiantar.com – Di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, sekarang bertambah satu ruang terbuka untuk publik berupa taman, yang diberi nama Taman Beo.

Agak berbeda dengan Taman Bunga (Lapangan Merdeka) yang sudah masyhur di kota ini, Taman Beo didesain sedemikian rupa dan dilengkapi dengan sejumlah sarana seperti arena bermain anak dan keluarga, jogging track, dan juga lapangan basket mini.

Taman yang berlokasi persis di segitiga Rindam I BB, Jalan Sisingamangaraja ini, diresmikan pada Jumat 14 Desember 2018.

Saat peresmiannya, Reinward Simanjuntak selaku Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman — yaitu instansi yang melaksanakan pembangunan Taman Beo –, menjelaskan, dana pembangunan atau revitalisasi taman tersebut bersumber dari bantuan keuangan pemerintah provinsi Sumatera Utara.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah, berharap Taman Beo akan menjadi ruang interaksi bagi masyarakat. Selain itu, merujuk bahwa ketersediaan ruang terbuka adalah salah satu indikator untuk “kota bahagia”, ia berharap Taman Beo akan memberi kontribusi untuk hal tersebut.

Satu-satunya Tempat Rekreasi yang Representatif Setelah Kemerdekaan RI

Taman Beo merupakan satu-satunya taman atau tempat rekreasi yang representatif, dalam artian layak menjadi tempat rekreasi, yang dibangun oleh Pemko Pematangsiantar pasca kemerdekaan RI.

Walikota Hefriansyah menjajal lapangan basket di Taman Beo.p

Sebagaimana diketahui, dua tempat rekreasi lain yang sudah ada sebelumnya yang merupakan milik pemko, yakni Taman Hewan (Kebun Binatang) dan Taman Bunga, merupakan tempat rekreasi hasil desain dan peninggalan pemerintah kolonial Belanda.

Memang, di tahun 2014 lalu pemko pernah meresmikan sebuah taman bernama Taman Kehati yang juga diharap menjadi lokasi olahraga dan rekreasi. Namun karena kurang representatif dari sisi lokasi, luas, dan juga sarana yang tersedia, taman yang berada di tepi sungai Bah Bolon seberang rumah dinas walikota ini nyaris tidak pernah dikunjungi masyarakat.

Walikota bersama sejumlah pejabat foto bersama sesuai peresmian Taman Beo.

[nda]