Home Seni & Wisata Kapal Feri Penyeberangan di Danau Toba akan Ditambah

Kapal Feri Penyeberangan di Danau Toba akan Ditambah

SHARE
(Foto: Humas Pemkab Samosir)

isiantar.com – Guna mendorong pertumbuhan industri pariwisata di sekitar Danau Toba, pemerintah akan menambah armada kapal feri penyeberangan.

Satu unit kapal feri yang kini dalam proses pengerjaan dijadwalkan selesai dibangun pada September dan akan mulai beroperasi pada November. Kapal ini akan melayani rute Ajibata – Ambarita dengan kapasitas sekali angkut 35-40 mobil dan 35-40 sepeda motor.

Sementara satu unit kapal feri lainnya dijadwalkan akan mulai dikerjakan pada Agustus tahun ini.

Disebutkan, pembuatan kapal feri ini merupakan bentuk pemenuhan presiden terhadap permintaan masyarakat Pulau Samosir saat kunjungan presiden pada Agustus 2016 lalu.

Warga Minta Kesadaran Petugas Pelabuhan Jadi Prioritas

Penambahan armada penyeberangan juga pembangunan pelabuhan kelas internasional yang berlangsung saat ini disambut baik oleh masyarakat. Namun mereka meminta agar kesadaran petugas pelabuhan dan pegawai kapal juga menjadi sorotan serius oleh pemerintah.

“Dalam dunia wisata safety first (utamakan keselamatan) itu yang pertama,” ujar Johan seorang warga Siantar yang sering berwisata ke Pulau Samosir.

Johan mengkhawatirkan dana yang dialokasikan pemerintah selama ini baik untuk tujuan promosi, pembangunan pelabuhan atau pun yang untuk armada penyeberangan akan sia-sia jika saja kecelakaan kapal masih terjadi.

“Bagi orang yang sudah mengalami berpergian dengan tujuan berwisata ke beberapa tempat, pasti sadar melihat jumlah penumpang yang sering over ketiadaan jaket keselamatan dan ban pelampung itu sebagai hal yang sangat menyeramkan. Sementara itulah yang sering terlihat di Danau Toba, jadi pemandangan sehari-hari malah. Dan pemerintah dan warga Samosir seharusnya sudah sadar kalau itu sangat-sangat merugikan bagi industri pariwisata,” ujarnya mengakhiri. [nda]


Baca juga: Tanpa Miras dan Pelacuran, PAS Timuran Objek Wisata No 1 di Simalungun