Home Peristiwa Jadikan Pancasila sebagai dasar berpikir, bersikap dan berperilaku…

Jadikan Pancasila sebagai dasar berpikir, bersikap dan berperilaku…

SHARE
Ketua DPD KNPI Kota Siantar, Parlaungan Purba.

isiantar.com – Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Pemuda Nasional Indonesia ( DPD KNPI) Kota Pematangsiantar, Parlaungan Purba, mengajak segenap elemen masyarakat khususnya pemuda untuk menjadikan Pancasila sebagai dasar berpikir, bersikap dan berperilaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ajakan itu disampaikan Parlaungan saat diwawancarai usai mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar pemko di Lapangan Merdeka, Jalan Haji Adam Malik, Kamis (1/6/2017).

“Sebagai warga NKRI yang kaya akan keberagaman suku, adat, ras dan agama, yang diikat oleh semboyan Bhineka Tunggal Ika, bahwa Pancasila sebagai Ideologi bangsa sudah tak perlu diperdebatkan lagi. Pancasila, UUD 45, NKRI, itu sudah final. Kita wajib menjadikan Pancasila sebagai dasar berpikir, bersikap dan berperilaku,” kata Parlaungan, yang saat itu didampingi Sekretaris DPD KNPI Kota Pematangsiantar, Zainul Arifin Siregar.

Parlaungan juga menyampaikan kecaman terhadap pihak-pihak yang belakangan memunculkan wacana yang mempertentangkan Pancasila demi tujuan-tujuan politis yang dangkal, yang ingin merusak sikap toleran yang dimiliki warga di nusantara selama ini.

“Sama-sama taunya kita, coba kita liat di media sosial, tak terhitung lagi korban fisik dan korban psikis karena ada yang menebar-nebar wacana yang memperdebatkan Pancasila,” ujarnya.

Akan gelar diskusi publik ‘Aku Indonesia, Aku Pancasila’

Pemuda sebagai penerus cita-cita para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan dan menata kehidupan berbangsa dan bernegara harus mempedomani lebih mendalam tentang Pancasila serta butir-butirnya. Sebab kurangnya pemahaman akan hal itu berpotensi membuat kondisi masyarakat yang rentan dipecah-belah.

Apalagi merujuk fenomena belakangan ini berupa munculnya oknum-oknum politikus yang haus kekuasan yang telah menebarkan sikap intoleran, dikhawatirkan bisa membuat menurunnya jiwa nasionalis ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Maka itu, kata Zainul Arifin Siregar, DPD KNPI Kota Pematangsiantar akan menggelar Diskusi Publik dengan tema ‘Aku Indonesia, Aku Pancasila’. Kegiatan yang bertujuan untuk menggalakkan pemahaman akan Pancasila ini akan digelar di Ruang Data Pemko Pematangsiantar, pada hari Sabtu, 3 Juni 2017, mendatang.

Dijelaskannya, diskusi publik ini merupakan wujud kepedulian pemuda untuk meningkatkan pemahaman tentang Pancasila. “Kita mau bangunkan lagi ini semangat-semangat pemuda di Siantar. Betapa bahagianya kita bila hidup dalam koridor Pancasila itu sendiri,” katanya.

Diskusi ini nantinya akan menghadirkan Danrem 022 Pantai Timur sebagai pembicara, dengan isi materi tentang Sejarah Lahirnya Pancasila. Juga menghadirkan anggota DPD RI Dedi Iskandar batubara, dengan materi memuat Pedoman, Penghayatan, dan Pengamalan Pancasila. Bersama dengan pembicara dari Pemko Pematangsiantar dengan materi Kehidupan Ber-Pancasila di Kota Pematangsiantar.

Terakhir, kembali Parlaungan Purba meminta peran semua pihak agar memberikan pemahaman dan pengetahuan yang baik akan Pancasila. Dengan demikian diharap tindakan-tindakan intoleran akan berkurang dan hilang dengan sendirinya, disamping juga berharap agar aparat penegak hukum agar lebih bijak dan tegas menangani tindakan-tindakan intoleran tersebut. [ry/nda]