Home Komunitas GMKI Bogor Gelar Diskusi Kanker Serviks dan Payudara

GMKI Bogor Gelar Diskusi Kanker Serviks dan Payudara

SHARE
Foto bersama peserta Diskusi Bahaya Kanker Serviks dan Payudara serta Penanganannya oleh GMKI Bogor.

isiantar.com – Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada leher rahim. Serviks adalah daerah yang menghubungkan rahim dan vagina. Data dari WHO tiap tahun di seluruh dunia 490.000 perempuan didiagnosa menderita kanker serviks (80% terjadi di negara berkembang), 240.000 diantaranya meninggal.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah penderita kanker serviks urutan kedua tertinggi di dunia.

“Tingginya jumlah penderita kanker serviks di Indonesia mampu dicegah dengan melakukan antisipasi sejak dini, yakni pemeriksaan awal” kata Patricia Maiseka. Dalam Diskusi Perempuan “Bahaya Kanker Serviks dan Payudara serta Penanganannya”, Sabtu 28 Oktober 2017.

Patricia Maiseka yang juga Sekretaris Cabang GMKI Jakarta Barat mengatakan, “pemeriksaan awal untuk kanker serviks dengan menggunakan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan Pap Smear. Dan untuk pemeriksaan awal Kanker Payudara dapat menggunakan program yang dianjurkan Pemerintah yaitu Program SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Perempuan dapat memeriksa, apakah ada ditemukan benjolan di sekitaran payudara.”

Eric Christian Munthe, Ketua Cabang GMKI Bogor mengatakan Diskusi tentang kesehatan menjadi suatu hal yang baru. Kita siap untuk mengkampanyekan pemeriksaan awal kanker serviks dan kanker payudara kepada masyakarat luas.

Kegiatan Diskusi Kanker Serviks dan Payudara yang di moderatori Harry Sinaga, Sekretaris GMKI Cabang Bogor ini berjalan dengan baik, peserta sangat antusias bertanya. Dan usai acara mereka mengakui mendapatkan banyak pengetahuan baru dari diskusi tersebut. Akhir kegiatan Pembicara dan seluruh peserta melakukan foto bersama. [feb]