Home Seni & Wisata Forum Musisi dan Pencinta Seni Siantar – Simalungun Dideklarasikan

Forum Musisi dan Pencinta Seni Siantar – Simalungun Dideklarasikan

SHARE
Acara deklarasi FMP3S di Jalan Narumonda Pematangsiantar, Rabu (24/10/2018).

isiantar.com – Sejumlah musisi dan pencinta musik pop Batak di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun membentuk sebuah wadah bernama Forum Musisi dan Pencinta Seni Siantar – Simalungun (FMP3S). Wadah ini dideklarasikan secara resmi pada Rabu (24/10/2018), di Jalan Narumonda Pematangsiantar.

Victor Sirait, salah seorang deklarator FMP3S, kepada wartawan, Kamis (25/10/2018), menceritakan, deklarasi dihadiri puluhan penyanyi, pencipta lagu, serta pencinta dan pemerhati lagu Batak dan para enterteiner di Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

Adapun deklarator FMP3S ialah Amir Sihombing (Pencinta Seni), Tagor Wong (Pencipta Lagu), Sarlong (Artis Pop Batak), Karlos Simatupang (Asido Trio), dan Victor Sirait (Entertainer).

Menurut Victor, pendirian wadah ini dilatarbelakangi kerinduan musisi dan pencinta seni di Pematangsiantar untuk bertukar informasi khususnya guna pengembangan profesionalisme pelaku dunia musik. “Karena selama ini para musisi cenderung jalan sendiri-sendiri dalam pengembangan profesinya,” ungkap Victor.

Sebagai orang yang sudah lama bergelut di dunia entertainment, Victor mengatakan Siantar dan Simalungun merupakan gudang dan asal dari musisi-musisi yang kini bahkan sudah sukses berkarir di skala nasional. Sejumlah trio yang pernah tenar dan berkiprah di blantika musik nasional, berasal dari kota ini.

Selain untuk melestarikan keberadaan musisi yang sudah eksis, FMP3S juga hadir untuk mendorong lahirnya musisi baru yang akan menggeluti dunia musik. Dalam kata lain FMP3S adalah wadah komunikasi sekaligus sarana untuk mendorong penguatan profesionalisme para musisi.

Selanjutnya, sebagai tanda memulai kiprahnya FMP3S telah memprogramkan beberapa kegiatan. Yang terdekat, November mendatang, akan digelar audisi penyanyi trio pria dan wanita, dan bagi yang lolos audisi akan diikutkan dalam lomba menyanyi trio lagu Batak. “Para pemenang akan diberi hadiah berupa uang dan trofi,” terangnya.

Program kegiatan FMP3S selanjutnya berupa pelaksanaan Perayaan Natal FMP3S Tahun 2018 yang dipusatkan di Square Laponta Cafe, Pematangsiantar. [nda]