Home Politik Dua Timbul Diprediksi Pimpin DPRD Siantar Simalungun

Dua Timbul Diprediksi Pimpin DPRD Siantar Simalungun

SHARE
(Kiri ke kanan) Timbul Marganda Lingga dan Timbul Jaya Sibarani.

isiantar.com — Timbul Marganda Lingga dan Timbul Jaya Sibarani, diprediksi akan menjadi Ketua DPRD di Kota Siantar dan di Kabupaten Simalungun.

Timbul Marganda Lingga merupakan Ketua DPD PDIP Kota Siantar yang di pemilu legislatif 2019 kemarin berhasil meraih kursi terbanyak yakni 8 kursi. Sementara Timbul Jaya Sibarani adalah Ketua DPD Golkar Kabupaten Simalungun, yang juga sukses jadi partai pemenang dengan perolehan kursi terbanyak yakni 9 kursi.

Kota Siantar dengan Kabupaten Simalungun diketahui sebagai dua wilayah administratif  yang memilki ikatan erat pada segala aspek. Selain sejarah dimana Siantar pernah jadi ibukota Kabupaten Simalungun, secara geografis letak Kota Siantar juga berada di tengah-tengah atau dikelilingi Kabupaten Simalungun.

Lewat keberhasilan memperoleh kursi terbanyak itu — merujuk UU yang menyebut partai peraih kursi terbanyak yang mendapat posisi Ketua DPRD — maka kedua politisi ini pula yang oleh banyak pihak diprediksi akan menjadi Ketua DPRD di wilayah pemerintahan masing-masing.

Terkait dengan prediksi ini, Timbul Jaya Sibarani ketika dikonfirmasi sudah sejauh apa mekanisme yang berjalan di internal partai soal pemilihan figur untuk jabatan Ketua DPRD, menjawab optimis. Dia mengatakan bahwa DPD Golkar Simalungun telah menggelar rapat pleno, yang hasilnya, semua peserta rapat meminta supaya dirinya yang ditunjuk untuk jabatan tersebut.

“Dalam rapat pleno, semua peserta meminta agar Ketua DPD Golkar Simalungun ditunjuk langsung menjadi Ketua DPRD. Dengan berbagai alasan. Itu yang muncul dari anggota ya, dari peserta rapat,” ungkapnya pada Rabu sore (21/8/2019).

Rapat pleno tersebut dikatakannya dihadiri langsung Plt Ketua DPW Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia Tanjung bersama sejumlah pengurus DPW lainnya.

Ditanya apa ‘berbagai alasan’ yang disampaikan para peserta rapat sehingga secara aklamasi meminta agar dirinya yang menduduki jabatan ketua DPRD, politisi yang terpilih kembali menjadi legislator untuk keempat kalinya ini menjawab beberapa hal yang terungkap diantaranya yakni, perihal keberhasilan DPD Golkar Simalungun dibawah kepemimpinannya menjadi partai pemenang di Pileg 2019. Juga, perihal konsolidasi rutin yang bisa berjalan dengan baik, dan terlaksananya seluruh program partai yang diamanatkan oleh DPP Golkar.

Hasil pleno yang hanya menyepakati namanya itu kemudian menjadi rekomendasi ke DPW Golkar Sumut yang selanjutnya akan disampaikan ke DPP Golkar.

“Sebenarnya ada ketentuan membawa tiga nama, hanya di pleno saat itu meminta supaya hanya satu nama saja,” imbuhnya.

Berbeda dengan optimisme yang dikesankan Timbul Jaya Sibarani itu, Ketua DPD PDIP Kota Siantar Timbul Marganda Lingga hanya merespon datar perihal siapa diantara caleg terpilih PDIP yang akan menduduki posisi jabatan ketua DPRD.

“Semua nama caleg yang terpilih yang delapan orang itu sudah kita kirim ke DPP, kita tinggal menunggulah siapa yang nanti ditunjuk DPP,” jawab Timbul Marganda Lingga singkat saat dikonfirmasi pada Kamis malam (22/8/2019).

Meski demikian, sejumlah kalangan menilai jika Timbul Marganda Lingga merupakan figur yang memiliki kans paling besar untuk menduduki jabatan ketua DPRD.

Alasannya, selain karena dia merupakan Ketua DPD PDIP Kota Siantar, sama seperti Timbul Jaya Sibarani di Golkar Simalungun, Timbul Marganda Lingga juga merupakan kader yang sudah beberapa kali secara berkesinambungan berhasil terpilih kembali menjadi legislator. [nda]


Baca juga: 

Meski Sudah Dikunjungi Jokowi, Parapat Masih Kalah sama PAS Timuran

Bupati Simalungun Diminta Tinjau Jalan Rusak di Rambung Merah

Bertahun Desakan Bongkar tak Digubris Pemko, Tempat Ini Jadi Sumber Rumor Perempuan Muda dan Narkoba