Home Uang Di Sumut, ketimpangan ekonomi makin memprihatinkan

Di Sumut, ketimpangan ekonomi makin memprihatinkan

SHARE
Robert Tua Siregar. (Sumber: facebook).

isiantar.com – Ketimpangan ekonomi akibat tidak meratanya distribusi pendapatan menjadi persoalan yang dikawal terus oleh setiap pemerintahan daerah. Sebab semakin lebarnya jarak antara miskin dan kaya, bisa menimbulkan sejumlah implikasi yang tidak diinginkan.

Menurut Direktur Pasca Sarjana Universitas Simalungun, Robert Tua Siregar, dari data yang diterima dari Badan Pusat Statistik (BPS), menunjukkan jika di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ketimpangan ekonomi menunjukkan grafik yang semakin naik.

“Untuk Sumut dari data BPS akhir 2016 Gini Ratio 0.333 naik menjadi 0.342. Mengalami kenaikan. Artinya tingkat kesenjangan bertambah. Hal ini salah satu penyebabnya faktor ekonomi produksi tidak berkembang sehingga tingkat pendapatan tidak merata,” jelas Robert, Minggu (20/8/2017).

Untuk mengatasi ketimpangan ini, Robert meminta Pemprovsu untuk lebih menggalakkan pertumbuhan sektor UMKM (Usaha Miko KeciL dan Menengah).

Selain menyokong pertumbuhan UMKM, ia juga mengingatkan bahwa adanya pertumbuhan pelaku wirausaha baru, juga menjadi bagian penting untuk mengatasi kesenjangan itu. [nda]