Home Opini Catatan Kecil untuk Kota Siantar

Catatan Kecil untuk Kota Siantar

SHARE
Tunggul CE Butarbutar.

*Tunggul CE Butarbutar

Siantar dikenal sebagai Kota Pendidikan. Namun istilah Kota Pendidikan itu masih terbatas hanya dengan adanya beberapa institusi pendidikan yang berdiri di kota ini. Secara kualitas keilmuan, kita harus akui Siantar masih jauh untuk memenuhi kriteria tersebut.

Seharusnya, sebagai Kota Pendidikan, Siantar sudah bisa menjadi motivator bagi kota-kota lain di Indonesia perihal sistem pendidikan. Atau bahkan menjadi pemberi masukan untuk formulasi kurikulum pendidikan yang lebih baik. Siantar seharusnya sudah mampu menyumbangkan perannya untuk perubahan, baik bagi masyarakat Siantar, Sumatera Utara,  Indonesia maupun dunia.

Oleh karenanya, Pemerintah Kota Siantar haruslah kreatif untuk menjadikan kota yang kita cintai ini supaya memiliki peran perubahan itu. Banyak hal yang sebenarnya dapat dilakukan. Dan pada catatan kecil saya ini, saya menyarankan beberapa poin yang saya yakini sangat penting dan sesungguhnya bisa dilakukan pemerintah Kota Siantar yang berkaitan dengan tujuan majunya sektor pendidikan;

1. Seminar nasional, ataupun internasional tentang iklim,  hak azasi,  budaya, seni dan lainnya.
2. Festival seni dan budaya skala Nasional ataupun internasional.
3. Festival bunga (Siantar Flower Festival) agar memotivasi masyarakat untuk menanam bunga yang akan menjadikan Kota Siantar indah.
4. Festival makanan (Siantar Food Festival),
5. Agenda-agenda olahraga tahunan seperti “Siantar 10 K”  untuk skala nasional atau internasional.

Bila digali dengan lebih tulus lagi, banyak lagi sebenarnya yang dapat dilakukan untuk kemajuan kota ini — yang dapat berimplikasi langsung dengan peningkatan kualitas sektor pendidikan. Agar jargon “Kota Pendidikan” bisa benar-benar terpenuhi maknanya.

Pemko Siantar harus menggali potensi ini sehingga ke depan Kota Siantar menjadi acuan, Kota Siantar ke depan menjadi tujuan.  Saya yakin Siantar bisa. Mari kita sumbangkan pemikiran kita untuk menjadikan Kota Siantar lebih baik dan memiliki peran perubahan.

Salam.

*Penulis adalah Caleg DPRD Sumut no Urut 7 dari Partai PKB, Dapil 10 (Siantar, Simalungun)