Home Politik Begini Kriteria Calon Bupati Ideal Menurut Partai Golkar Simalungun

Begini Kriteria Calon Bupati Ideal Menurut Partai Golkar Simalungun

SHARE
Ketua DPD Golkar Simalungun Timbul Jaya Sibarani, di kediamannya, Rabu (21/8/2019). (isiantar/nda).
Simalungun — Menelisik data statistik dan studi lapangan, Partai Golkar Kabupaten Simalungun telah memiliki kriteria ideal untuk sosok yang pantas jadi bupati Simalungun ke depan.
Kriteria dimaksud terkait kapasitas, yakni, orang tersebut harus punya pemahaman dan kemampuan mumpuni untuk memajukan tiga sektor; infrastruktur, pertanian-perkebunan, dan pariwisata.
“Melihat kondisi dan potensi Simalungun ini, kita tidak perlulah terlalu mengambang. Fokuslah di tiga hal; infrastruktur, pertanian perkebunan, dan pariwisata,” kata Timbul Jaya Sibarani, Ketua DPD Golkar Kabupaten Simalungun, Rabu (21/8/2019).
Fokus kepada tiga hal tersebut dikatakannya dengan tidak meninggalkan pembangunan di sektor lain — termasuk pendidikan dan kesehatan yang anggarannya telah diatur undang-undang. Namun, dari merujuk pada data statistik dan penelitian lapangan, maka fokus ke tiga sektor tersebut merupakan hal yang paling logis dan ilmiah untuk dilakukan bila ingin memajukan masyarakat kabupaten Simalungun.
“Artinya, kalau kita sudah tangani pertanian perkebunan ini, berarti kita sudah tangani penduduk di atas 50 persen. Kalau kita tangani pariwisata, ada sekitar 5 persen penduduk yang mendapat manfaat dari sektor itu. Yang lainnya kan sektor jasa, karyawan, pegawai segala macam,” jelasnya.
Data Badan Pusat Statistik memang menunjukkan jika mayoritas penduduk Simalungun di sektor pertanian.
BPS: Kabupaten Simalungun dalam Angka 2018.
Maka pada saat penjaringan calon bupati dan wakil bupati nanti, lanjut Timbul, Golkar Simalungun akan mengutamakan sosok yang mumpuni dan mampu mengeksekusi pembangunan di tiga sektor tersebut.
Disinggung siapa saja figur yang sudah mendekati Golkar Simalungun untuk menjadi calon bupati dan wakil bupati nanti — mengingat partai ini menjadi partai paling seksi karena berhasil memenangkan pileg 2019 perolehan 9 kursi — Timbul menyebut beberapa nama.
Mereka ialah Radiapo Hasiholan Sinaga, Risben Nduwari Tambun Saribu, Tumbur Napitupulu, Saut Bangkit Purba dan Gideon Purba.
Salah satu dari nama-nama itu yakni Gideon Purba merupakan Sekda Kabupaten Simalungun saat ini. Dia telah bertahun-tahun menduduki jabatan strategis sebagai Sekda selama kepemimpinan JR Saragih – Amran Sinaga.
Sebelumnya, Gideon diketahui juga pernah menjabat sebagai Kadis Perhubungan, yaitu saat Pemkab Simalungun merintis pembangunan bandara di Raya. [nda]

Baca juga:
Tak Kunjung Dibangun, Rambu Bandara Tetap Terpancang
Umar Yani: Kalau Ada Petani Sukses, Itu Masih Peran Petani Itu Sendiri
Meski Sudah Dikunjungi Jokowi, Parapat Masih Kalah sama PAS Timuran