Home Seni & Wisata Bah Sampuran, objek wisata mungil yang masih disukai

Bah Sampuran, objek wisata mungil yang masih disukai

SHARE
Objek Wisata Pemandian Bah Sampuran di Kabupaten Simalungun

isiantar.com – Bah Sampuran adalah sebuah kolam alam berukuran kecil, namun berair jernih. Terletak di Desa Silampuyang, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Air jenih di kolam ini bersumber dari sumber mata air yang berada persis di bawah kolam.

Dulu, di pertengahan tahun 90-an, kala alat transportasi belum semudah saat ini, Bah Sampuran sempat menjadi idola untuk dikunjungi kaum muda Siantar-Simalungun untuk berwisata.

Persisnya, kolam alam berukuran kecil ini berada di pertengahan perkebunan sawit milik PTPN III. Jika dari pusat Kota Siantar, jarak tempuh standar untuk sampai di tempat ini sekitar 15 menit ke arah Parapat.

Awalnya, Bah Sampuran hanyalah aliran sungai kecil dari mata air tersebut. Waktu berjalan, dan makin banyak yang mengunjungi sebab kerjernihan airnya, salah seorang warga lalu memperluas areal genangan di pusat mata air hingga menjadi menyerupai kolam.

Meski jumlah pengunjung tidak seramai dulu, namun objek wisata mungil ini tidak pernah absen pengunjung. Selalu ada rombongan kaum muda, keluarga yang menyinggahi tempat ini setiap harinya.

Pemandian Bah Sampuran

Jika Anda mengunjungi tempat mungil ini, tidak ada kutipan karcis masuk atau kutipan apapun selain parkir yang dikelola warga setempat seharga Rp 2 ribu untuk sepeda motor. Makanan dan minuman sederhana yang dijajakan di warung di lokasi ini pun cukup murah. [eV]