Home Politik Afif Ingin Sosialisasi Pilkada 2020 Sesuai Kearifan Lokal

Afif Ingin Sosialisasi Pilkada 2020 Sesuai Kearifan Lokal

SHARE
Kordiv Pengawasan dan Sosialisasi M Afifuddin menyampaikan arahannya dalam Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Bahan Sosialisasi Pilkada Tahun 2020 Tahap I di Jakarta, Senin (9/9). (Foto: Reyn Gloria/Bawaslu.go.id).
Jakarta — Koordinator Divisi Sosialisasi dan Pengawasan Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin, menyarankan konten sosialisasi untuk Pilkada Serentak 2020 nanti disesuaikan dengan kearifan lokal di masing-masing daerah.
Saran itu disampaikan Afifuddin atau Afif  dalam Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Bahan Sosialisasi Pilkada Tahun 2020 Tahap I di Jakarta, Senin (9/9/2019) malam.
Menurut Afif, pertimbangan itu perlu diperhatikan Bawaslu di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang nantinya akan banyak turun kelapangan melakukan sosialisasi.
“Bahkan kearifan lokal di daerah bisa jadi pertimbangan dalam menentukan konten-konten sosialisasi,” katanya.
Afif juga menilai penyeragaman sosialisasi dan pengawasan antardaerah tidak bisa dilakukan sebab setiap daerah baik memiliki tingkat kesulitannya masing-masing.
“Berat kemudian kalau cara pandang kita itu cara pandang daratan terhadap pulau-pulau,” jelas pria asal Jawa Timur ini.
Selain konten sosialisasi yang diadaptasi dari nuansa lokal untuk memperkaya cara pandang, Afif juga menekankan agar materi sosialisasi turut menyasar ke daerah kaum marjinal dan kaum disabilitas.
Sementara Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan agar konten sosialisasi Pilkada 2020 nantinya mudah dibaca dan naratif. Sehingga semua kalangan dari pelajar hingga pengawas dapat memahami maksud dan tujuan Pilkada Serentak 2020.
“Kami harapkan juga ada pembelajaran dari pilkada sebelumnya. Masalah sengketa yang dihadapi dan bagaimana menyelesaikannya sebagai gambaran singkat saja,” ucap Bagja. [**]

Sumber: Bawaslu.go.id
Editor: nda